Menurut
Sutarno NS (2008: 129)
Taman Bacaan Masyarakat adalah tempat yang sengaja di buat pemerintah,
perorangan atau swakelola dan swadaya masyarakat untuk menyediakan bahan bacaan
dan menumbuhkan minat baca kepada masyarakat yang berada di sekitar Taman
Bacaan Masyarakat (TBM). Taman Bacaan Masyarakat (TBM) merupakan suatu tempat
yang sengaja di buat dan dikelola oleh masyarakat, perorangan, lembaga dan
pemerintah untuk menumbuhkan minat baca kepada masyarakat yang ada dilingkungan
taman
bacaan tersebut dan taman bacaan masyarakat termasuk dalam kategori perpustakaan umum.
Menurut Sinaga, Dian (Sinaga, Dian: 2005) perbandingan Taman Bacaan Masyarakat dengan perpustakan ditinjau dari sifatnya adalah Taman Bacaan Masyarakat sifatnya lebih in formal dan cakupan tidak terlalu luar ketimbang perpustakaan sedangkan perpustakan sifatnya lebih formal dan cakupannya lebih luas.
bacaan tersebut dan taman bacaan masyarakat termasuk dalam kategori perpustakaan umum.
Menurut Sinaga, Dian (Sinaga, Dian: 2005) perbandingan Taman Bacaan Masyarakat dengan perpustakan ditinjau dari sifatnya adalah Taman Bacaan Masyarakat sifatnya lebih in formal dan cakupan tidak terlalu luar ketimbang perpustakaan sedangkan perpustakan sifatnya lebih formal dan cakupannya lebih luas.
B.
Fungsi, Tujuan dan Manfaat Taman Bacaan Masyarakat
Dalam
memenuhi peranannya sebagai sumber belajar yang dapat memfasilitasi
pembelajaran seumur hidup, TBM mempunyai fungsi sebagai tempat belajar dan
mencari informasi yang dibutuhkan masyarakat, baik mengenai masalah yang
langsung berhubungan dengan masalah pendidikan maupun tidak berhubungan dengan
pendidikan.
Menurut
Buku pedoman
Pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat dalam artikel (Possa: 12),
fungsi Taman Bacaan Masyarakat (TBM) adalah; (1) sarana pembelajaran bagi
masyarakat untuk belajar mandiri, dan sebagai penunjang kurikulum program
Pendidikan Luar Sekolah, (2) sumber informasi yang bersumber dari buku dan
bahan bacaan Iainnya yang sesuai dengan kebutuhan warga belajar dan masyarakat
setempat, (3) sumber penelitian dengan menyedikan buku-buku dan bahan bacaan
Iainnya dalam studi kepustakaan, (4) sumber rujukan yang (5) sumber hiburan
(rekreatif) yang menyediakan bahan bacaan yang sifatnya rekreatif untuk
memamfaatkan waktu senggang untuk memperoleh pengetahuan/informasi baru yang
menarik dan bermanfaat.
Menurut
Buku pedoman Pengelolaan
Taman bacaan Masyarakat (2006: 2), fungsi taman bacaan
masyarakat adalah : 1. Sarana pembelajaran bagi masyarakat untuk belajar
mandiri, dan sebagai penunjang kurikulum program Pendidikan Luar Sekolah,
khususnya program keaksaraan.
2.
Sumber informasi yang bersumber dari buku dan bahan bacaan Iainnya yang sesuai
dengan kebutuhan warga belajar dan masyarakat setempat.
3.
Sumber penelitian dengan menyedikan buku-buku dan bahan bacaan Iainnya dalam
studi kepustakaan.
4.
Sumber rujukan yang menyediakan bahan referensi bagi pembelajaran dan kegiatan
akademik Iainnya.
5.
Sumber hiburan (rekreatif) yang menyediakan bahan-bahan bacaan yang sifatnya
rekreatif untuk memamfaatkan waktu senggang untuk memperoleh
pengetahuan/informasi baru yang menarik dan bermanfaat.
Dari
uraian diatas TBM menjalankan beberapa fungsi. Fungsi tersebut terdiri dari
fungsi pembelajaran, hiburan dan informasi. TBM melaksanakan kegiatan
pelayanannya bervariasi. Ada banyak nama yang digunakan TBM, misalnya Rumah
baca, pondok baca, perahu baca, Warung baca, namun pada hakikatnya kesemua
lembaga atau organisasi tersebut , melakukan fungsi yang sama dengan TBM.
Taman
bacaan masyarakat tergolong dalam kategori perpustakaan umum, jadi Tujuan
perpustakaan umum menurut Sulistyo-Basuki
dalam buku (2006: 22) adalah (1) Sebagai sarana pembelajaran
masyarakat (2) sarana hiburan (rekreasi) dan pemanfaatan waktu secara efektif
dengan memanfaatkan bahan–bahan bacaan dan merupakan sumber informasi lain
sehingga warga masyarakat dapat memperoleh pengetahuan dan informasi baru guna
meningkatkan kehidupan mereka (3) sarana informasi berupa buku, multi media
lain, atau bacaan lain yang sesuai dengan kebutuhan warga belajar dan
masyarakat setempat.
Menurut
Buku pedoman
Pengelolaan Taman bacaan Masyarakat (2006: 1), manfaat taman
bacaan masyarakat :
1.
Menumbuhkan minat, kecintaan dan kegemaran membaca.
2.
Memperkaya pengalaman belajar bagi warga.
3.
Menumbuhkan kegiatan belajar mandiri
4.
Mempercepat proses penguasaan proses penguasaan teknik
5.
Membantu pengembangan kecakapan membaca
6.
Menambah wawasan tentang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
7.
Melatih tanggungjawab melalui ketaatan terhadap aturan-aturan yang ditetapkan
8.
Membantu kelancaran penyelesaian tugas.
Dari
uraian diatas dapat disimpulkan bahwa manfaat taman bacaan masyarakat adalah
menumbuhkan minat baca dan kecintaan membaca untuk memperkaya pengalaman
belajar bagi warga dan menambah wawasan tentang ilmu pengetahuan dan teknologi.
Selain memberikan kemudahan mendapatkan bahan bacaan yang dibutuhkan
masyarakat, TBM juga melakukan berbagai kegiatan untuk menumbuhkembangkan minat
dan kegemaran membaca. Apabila melaksanakan fungsinya dengan baik.
Posting Komentar